Lab Desain Rumah di Bawah Bayangan / Nol Energi

Lab Desain Rumah di Bawah Bayangan / Nol Energi

© Andre J Fanthome© Andre J Fanthome© Andre J Fanthome© Andre J Fanthome+ 28

© Andre J Fanthome
© Andre J Fanthome

The House Under Shadows, tempat tinggal keluarga ganda yang terintegrasi di Haryana, memamerkan desain yang terinspirasi dari alam, mendekati nol yang merumuskan kembali gagasan ‘India-Modern’ dan memungkinkan kehidupan yang berkelanjutan.

© Andre J Fanthome
© Andre J Fanthome

Terletak di kota bersejarah Karnal, bagian dari NCR (Wilayah Ibu Kota Nasional), House Under Shadows adalah tempat tinggal seluas 1672 meter persegi yang terletak di bawah bayang-bayang hari.

Bagian 01
Bagian 01

Brief klien meminta tempat tinggal dua unit yang luas untuk dua saudara laki-laki dan keluarga mereka yang mencirikan kehidupan berkelanjutan di pangkuan alam dan secara terbuka dipandu oleh desain untuk menemukan ritme gerakan dan aktivitas di dalam rumah. Menanggapi hal ini, rumah ini menggabungkan dua unit satu lantai melalui fasad yang sama dan atap ganda yang mulus yang menciptakan rasa kohesi visual melalui penekanan horizontalnya. Arsitek memiliki pendekatan tanpa energi terhadap visi dan desainnya terinspirasi oleh kedekatan dan elemen arsitektur dari sebuah hotel megah di Karnal – ‘chowk’ dan ‘chhatris’ Noor Mahal yang merupakan elemen yang berasal dari ‘havelis’ tradisional India. Hal ini terkait dengan cuaca ekstrem di India Utara yang telah menyebabkan desain terpadu hunian ganda yang menghadap ke selatan.

© Andre J Fanthome
© Andre J Fanthome

Desain dan Perencanaan
Desainnya terbentuk dengan ruang masuk umum yang diapit di antara dua kotak yang mewakili dua unit, mengikuti proses pencerminan sesudahnya dan di seluruh. Unit-unitnya dilubangi dengan dua halaman persegi panjang yang terinspirasi chowk, masing-masing dalam bentuk kolam yang berfungsi sebagai heatsink. Ini diimbangi dengan kantilever langsung yang membentang di sepanjang unit, melindungi dinding internal dan eksternal dengan naungan; kantilever juga memungkinkan ruang transisi melintasi. Kantilever dan area halaman memfasilitasi kohesi sosial dan pergerakan mulus antara ruang yang menjauhkan seseorang dari rasa terkurung yang biasanya dirasakan di dalam dinding.

© Andre J Fanthome
© Andre J Fanthome

Tata Letak Interior
Tata letak unit ekspansif mengakomodasi ruang interior berventilasi silang dan pencahayaan alami dengan area malam hari (ruang tidur) berorientasi ke barat daya dan area siang hari (ruang hidup) ke arah timur laut. Dengan kata lain, kamar tidur memiliki jendela kaca di barat laut yang memungkinkan minimal panas dan silau, sehingga menciptakan oasis yang tenang untuk bersantai, sambil menawarkan pemandangan lanskap luar ruangan yang luas. Ruang hidup terlindung dari matahari barat daya yang keras dan terbuka ke halaman untuk memungkinkan masuknya sinar matahari alami yang melimpah. Area lainnya termasuk dapur dan utilitas, bar, ruang rias dan kamar pembantu dengan elemen sirkulasi vertikal – tangga yang diposisikan di tengah sisi barat daya. Lantai pertama menampung kamar tidur dengan toilet, lounge, ruang rias, pantry, toko, dan aula serbaguna. Desain aula serbaguna mengambil inspirasi dari ‘chhatris’ yang ditinggikan, dan paviliun berbentuk kubah yang ditemukan dalam arsitektur tradisional India.

© Andre J Fanthome
© Andre J Fanthome

Strategi Berkelanjutan dan Atap Ganda
Area halaman tengah dengan kolam dikelilingi oleh dinding berlapis batu yang memberikan insulasi massa dan tanaman hijau vertikal yang menghindari efek pulau panas. Kolam yang berfungsi sebagai heat sink menyerap panas di siang hari dan melepaskannya ke langit malam, sehingga menurunkan perolehan panas bersih. Panas pancaran badan air berpartisipasi dalam proses fotosintesis tanaman hijau vertikal di sekitarnya melalui evapotranspirasi. Perspektif estetika – dinding di sekitarnya memberikan pantulan yang indah dari badan air. Lanskap hijau membentang secara vertikal di bagian dalam dan horizontal di luar tapak yang dibangun.

© Andre J Fanthome
© Andre J Fanthome
Denah - Lantai dasar
Denah – Lantai dasar
Denah - lantai 1
Denah – lantai 1
© Andre J Fanthome
© Andre J Fanthome

Sorotan desain adalah atap ganda yang dibuat secara parametrik dan ada di mana-mana yang menutupi jejak luas dari struktur unit ganda untuk menciptakan dua unit individu yang memungkinkan privasi namun bersatu sebagai satu tempat tinggal yang kohesif di mana struktur atap ganda yang cerdik melayani tujuan tersebut. Atap kayu kokoh dan pergola yang luas membentang di sepanjang dan lebar rumah. Sementara atap kayu bertindak sebagai selubung utama rumah, pergola yang ada di mana-mana memiliki banyak aspek; Ini merupakan pola Voronoi – pola yang diamati dari pohon, cabang dan daun di hutan menuju langit dari skala manusia yang membentuk pola bayangan dan menyaring cahaya yang sesuai. Hal ini berbeda dengan pola geometris yang memotong fluiditas rumah.

© Andre J Fanthome
© Andre J Fanthome

Atap ganda berpola Voronoi terbuat dari FRP (Fibre Reinforced Polymer) yang dibuat melalui pemodelan digital menggunakan parametrik, ditempatkan di bagian bawah kerangka MS utama yang ekstensif yang mentransfer berat melalui kolom baja. Pergola ini mencapai pengurangan radiasi matahari langsung dan menyebar hingga 50%. Pola bayangan organik bersifat dinamis dengan perubahan diurnal dan musiman yang dialami di dalam rumah yang menampilkan permainan cahaya dan bayangan di ruang interior. Pergola juga memungkinkan atap kayu yang mendasarinya untuk digunakan sebagai ruang semi-outdoor di atas rumah, memberikan pemandangan panorama dataran rendah dan ruang hijau di lingkungan itu, sambil mengungkapkan skala atapnya.

© Andre J Fanthome
© Andre J Fanthome

Penambahan kanopi atap telah menghasilkan pengurangan 50% dalam radiasi langsung dan menyebar. Hal ini telah menyebabkan pengurangan konsekuen yang sama signifikan dalam perolehan panas, dan beban pendinginan yang membuat desainnya berkelanjutan dan hemat energi. Bahan atap memiliki nilai transmisi termal minimal 0,4, yang selanjutnya mencegah masuknya panas ke struktur yang dibangun. Beban pendinginan tahunan turun dari 76 kilowatt-jam per meter persegi menjadi 53 kilowatt-jam per meter persegi – menunjukkan pengurangan 20%.

Palet Material dan Detail Arsitektur
Pendekatan sadar lingkungan terhadap desain terbukti melalui penggunaan bahan lokal dengan karbon rendah dan nada netral yang memungkinkan pantulan panas, yang mengurangi beban pendinginan mekanis sekaligus menciptakan cahaya visual di ketinggian. Dindingnya dilapisi dengan batu mint Gwalior untuk meningkatkan kinerja massa termal dan menciptakan hasil akhir yang unik. Selain itu, lapisan kulit pada batu disediakan untuk memberikan tekstur alami pada batu. Langit-langit kayu alami memberikan rasa hangat ke ruang terbuka yang mengalir bebas dan interior berlapis kaca. Estetika keseluruhan ditingkatkan dengan menggunakan kayu India solid untuk menonjolkan kanopi atap yang berkesinambungan dan mulus. Sementara jendela terbuat dari kaca aluminium dan membentang dari lantai ke langit-langit agar tidak terlihat, perabotan interior dan karya seni semuanya kohesif dengan palet tekstur dan warna duniawi. Karena desainnya menuntut rasio tinggi pintu tertentu agar tetap sesuai dengan skala keseluruhan proyek, pintu veneer India yang sudah dipoles dipasang di lokasi.

© Andre J Fanthome
© Andre J Fanthome

The House Under Shadows adalah tempat tinggal keluarga ganda hampir-net-nol terkemuka yang mendefinisikan ulang ‘India-Modern’ yang mengambil isyarat dari elemen dan pola pembentuk diri vernakular dan alam seperti Voronoi yang meminimalkan konsumsi energi secara keseluruhan. Tarian bayangan yang menyenangkan di dalam ruang benar-benar menangkap esensi dari ‘kehidupan berkelanjutan di alam’ singkat dan kemahiran dalam pelaksanaan desain.

© Andre J Fanthome
© Andre J Fanthome

Anda Sedang Mencari Informasi : Toko Kaca Aluminium, Aluminium Kusen Pintu,  Ventilasi Aluminium Kaca, Daftar Harga Jendela Aluminium, Pintu Aluminium Ram Nyamuk, Kusen Aluminium Merk Handal, Jendela Kasa Aluminium, Kusen Aluminium Tebal

Kunjungi Juga Untuk Informasi : Plafon Pvc Outdoor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.